• Android Diantara Teman Dan Rival

    Telah kita ketahui, OS (operating system) untuk ponsel smartphone sangat banyak macamnya. Diantaranya:
    01. Palm OS;
    Palm OS (dikenal juga sebagai Garnet OS) adalah suatu sistem operasi mobile yang awalnya dikembangkan oleh Palm, Inc untuk perangkat PDA ( Personal Digital Assistant) pada tahun 1996. Perusahaan ini sendiri didirikan pada tahun 1992 dan bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Palm OS dirancang untuk perangkat yang ease of use dengan user interface touchscreen berbasis grafis. Didalamnya telah disediakan suite aplikasi dasar untuk manajemen informasi pribadi.
    Beberapa tahun kemudian platform diperluas sehingga dapat mendukung smartphone dan PDA phone. Ciri khasnya dari PDA yang disokong oleh Palm OS adalah interface yang menampilkan shortcut-shortcut menu. Produk yang menggunakan Palm OS adalah HP Touch Pad, Palm Treo Smartphone dan lain sebagainya.
    02. Symbian;
    Symbian OS adalah sebuah Operating System yang digunakan untuk operasi standar ponsel dengan perangkat smartphone.
    Symbian OS menetapkan persyaratan bahwa sistem operasi ini hanya dapat digunakan oleh ponsel dengan fitur 2.5G dan 3G.
    Ada beberapa vendor terbesar di dunia yang berkolaborasi menanamkan saham di “proyek” Symbian OS ini, seperti Nokia, Motorola, Sonny Ericsson. Dan yang memegang saham terbesar dimiliki oleh Nokia, jadi tidak mengherankan produk-produk Nokia didominasi dengan OS Symbian. Setidaknya ada sepuluh smartphone yang menggunakan sistem operasi ini diantaranya Nokia N8, Nokia C6-01, Nokia E7-00 dan sebagainya.
    03. Windows Mobile & Windows Phone;
    Windows Mobile adalah salah satu sistem operasi (OS) mobile yang dikembangkan oleh Microsoft dan didesain untuk digunakan pada smartphone dan perangkat nirkabel lainya. Versi saat ini disebut 'Windows Mobile 6.5'. OS ini berbasis pada Windows CE 5.2 Kernel, dan fitur-fiturnya dikembangkan menggunakan Microsoft Windows API. Windows Mobile didesain sedemikian rupa agar mirip dengan versi Windows Desktop.
    Sebagai tambahan, third party software development tersedia untuk Windows Mobile.
    Windows Phone?
    Beda Windows Mobile dan Windows Phone
    Windows mobile adalah penamaan untuk smartphone yang bersistem operasi windows mobile 6.5 ke bawah.
    Sedangkan windows phone digunakan untuk merujuk ponsel windows dengan operating system versi 7 ke atas.
    04. Samsung Bada;
    Operating System besutan samsung ini menanamkan Adobe ® Flash ® Player dan WebKit browser Internet langsung ke aplikasi asli, kontrol peta bada mudah tertanam dalam aplikasi Anda untuk memberikan pemetaan interaktif dan routing dengan fitur POI bagi pengguna Anda.
    05. Nokia Maemo;
    Dikembangkan oleh Nokia sebagai alternatif sistem operasi berbasiskan Linux Debian. Sistem operasi ini lebih diperuntukkan bagi mereka yang lebih mengutamakan aktifitas internetan dan browsing ketimbang voice atau komunikasi.
    06. Meego;
    Sistem operasi ini merupakan penggabungan antara Intel Moblin dengan Nokia Maemo. Penggunaan dari sistem operasi ini ditujukan pada perangkat mobile, tablet PC, dan Netbook.
    07. Apple IOS;
    iOS adalah sistem operasi mobile milik Apple yang dikembangkan dan hanya diaplikasikan untuk perangkat Apple Inc seperti iPhone, iPod Touch, iPad dan Apple TV. iOS memiliki lebih dari 500.000 aplikasi di App Store dengan angka penjualan perangkat smartphone terbaik di dunia pada tahun 2011 disusul Google Android dan Nokia Symbian. iOS menjadi “leading” bagi sistem operasi mobile yang lain dengan mengusung interface multitouch yang bisa digeser (slider), ditekan (switch), dicubit dan tombol. Perangkat Apple masih menjadi nomor satu dalam hal teknologi dan angka penjualan di dunia. Produk smartphone Apple yang terbaru adalah iPhone 4 dan iOS5 adalah versi terbaru.
    08. Blackberry OS;
    Sistem operasi ini dikembangkan oleh RIM (Research In Motion) yang merupakan sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam produk telekomunikasi. Didirikan pada tahun 1984. Perusahaan ini bermarkas di Waterloo, Ontario. OS ini saat ini digunakan oleh ponsel BlackBerry keluaran RIM. Sistem operasi dapat melakukan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan seperti trackwheel, trackball, dan yang paling baru-baru ini, yang trackpad dan touchscreen.
    09. Linux Mobile;
    Linux adalah salah satu sistem operasi yang kerap digunakan oleh vendor Motorola. Baik dalam seri ROKR maupun seri PDA layar sentuh mereka. Namun keterbatasan dukungan fungsi aplikasi tambahan dan user interface yang kurang familiar menyebabkan sistem operasi ini timbul tenggelam dalam dunia ponsel.
    10. Android
    Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
    Dari OS di atas, os Symbian sempat merajai penjualan smartphone di Indonesia, namun kehadiran Blackbery OS meruntuhkan kesombongan Symbian. Ditambah lagi kemunculan Android semakin membuat Symbian terpuruk lebih dalam, sampai-sampai Nokia pun menceraikan Symbian dan meminang Windows Phone.
    Symbian dikau memang SYstem MoBile ketInggAlan jamaN.
    Ada yang masih fanatik dengan Symbian? Masihkah mereka yang fanatik itu tidak mau menerima kenyataan?

0 komentar:

Posting Komentar